Jumat, 25 Juni 2010

NTT Merupakan Provinsi IPM Rendah

NTT Merupakan Provinsi IPM Rendah PDF Cetak Email
Ditulis oleh Alex   
Thursday, 24 June 2010 19:48
Kupang, NTT Online - Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan provinsi dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah dengan menempati peringkat 31 dari 33 provinsi di Indonesia.
Jumlah pendudk NTT mencapai 4,6 juta jiwa dengan tingkat kemiskinan 27,5 persen dan angka kematian ibu 554 orang per 1000 penduduk serta jumlah kematian bayi 52 dri 1000 bayi.

Demikian disampaikan Project Manajer Pride UNDP,Nirmala Many pada acara penandatanganan kesepakatan bersama tentang percepatan pembangunan demi tercapainya tujuan pembangunan milinium atau Millenium Development Goals  (MDGs).

Kesepakatan itu ditandatangani Gubernur NTT dan empat anggota DPD RI masing-maing Abrahan Paul Liyanto, Imanuel Babu Eha, Carolina Nubatonis, dan Sarah Lery Mboeik di Kupang, Kamis (24/6).

Kepakatan bersama itu difasilitasi oleh program dukungan parlemen United Nations Development Programe (UNDP) dan United Nations Millenium Campaign (Kampanye Milleinum Persikatan Bangsa Bangsa).

Kesepakatan tersebut tentang komitmen bersama dari pemeritan daerah dan DPD RI untuk menjalin kerja sama  dalam memajukan NTT.

Hal yang diprioritaskan adalah menghapus kemiskinan, meningkatkan tingkat pendidikan dasar masyarakat, pemberdayaan perempuan, dan menurunkan angka kematian anak. Selain itu, meningkatkan kesehatan masyarakat dan membangun kemitraan global dalam pembangunan.

Hal itu dilakukan dengan tujuan prioritas pembangunan pemerintah daerah NTT untuk tahun 2008-2013 dengan komitkemn bersama untuk memprcepat pencapaiannya dengan melibatkan semua actor yang ada, baik nasional maupun daerah.

1 komentar:

  1. Bagaimana...anak2 NTT...apa kita hanya diam melihat kondisi tersebut?




    Anak rantau

    BalasHapus